Selasa, April 14, 2009

Kekurangan dan kelebihan macam modal

Kebutuhan dana

Kebutuhan dana sector ritel tergolong besar. Untuk itu anda harus memiliki basis dana yang cukup kuat. Setidaknya ada 3 kemungkinan untuk mendapatkan dana : modal sendiri, modal pinjaman, dan modal kerja sama dengan pihak lain.

Modal sendiri
Bagi anda yang sudah menyiapkan diri untuk usah sebelumnya, modal bisa diperoleh dengan car menabung, dana pension, maupun investasi lainnya. Keuntungan dari dana sendiri adalah kebebasan anda untuk menentukan jalannya usaha dan menikmati hasil dari dana tersebut. Di samping penggunaan dan sendiri merupakan hal positif karena menghindarkan anda dari kewajiban kewajiban terhadap pihak lain. Namun kekurangannya, jumlah modal anda umumnya sangat terbatas.walaupun tergolong penting, namun jangan menjadikan dan sebagai masalah pokok dalam menjalankan usaha. Yang penting dijaga selama anda mulai menjalankan franchise adalah semangat yang tetap tinggi, kemauan, inovasi, eksplorasi, imajinasi untuk maju.

Modal pinjaman
Bagi mereka yang siap, dana untuk modal awal tak menjadi soal. Namun modal awal bisa menjadi persoalan ketika anda tidak merencanakan usah sejak awal. Anda sebenarnya tidak perlu khawatir karena berbagai sumber dana kini tersedia. Pinjaman bisa anda peroleh dari berbagai sumber, baik individu maupun lembaga. Kelebihan dari modal pinjaman adalah jumlah dana yang anda miliki bisa cukup besar. Kekurangannya, resikonya dalam bentuk kewajiban membayar bunga.
Secara individual, anda bisa mengupayakan pinjaman dari teman, saudara, bahkan resntenir. Meski untuk alternative terakhir sangat tidak disarankan karena suku bunga yang tinggi. Dari lembaga keuangan perbankan, terdapat berbagai skema kredit pinjaman usaha. Bila dan yang anda ingginkan berjumlah besar, anda bisa mendapatkan melalui bank, dengan jaminan agunan (tanah, bangunan). Jika kebutuhan dana anda membutuhkan dana murah dalam jumlah relative terbatas, anda bisa mencarinya dalam bentuk bank tanpa agunan.

Modal patungan
Jika pinjaman memiliki resiko berupa suku bunga, tak mengherankan, bila banayak orang lebih suka melakukan kerja sama dengan pihak lain. Dengan modal jenis ini, usaha yang jalankan akan melibatkan orang lain sebagai pemegang saham. Anda bisa mencari modal jenis ini melaui kerjasama usah dengan car patungan.
Modal patungan juga bisa diupayakan melalui dana arisan, untuk memperoleh modal secara bergantian. Keuntungan system ini adalah jumlah dana yang dihimpun bisa cukup besar dengan biaya rendah. Meski begitu, cara ini juga tak luput dari resiko, seperti cedera janji maupun konflik.

Tidak ada komentar: